" Quotes "

:: THANKS FOR VISITING MY BLOG ::

" Hiduplah seperti rumput liar,
tetap tumbuh meski orang-orang selalu mencabutnya,
tetap tumbuh meski orang-orang tak mengharapkan kehadirannya "

-crayon Sinchan



Saturday 31 March 2012

Bintang Laut


Bintang laut merupakan salah satu hewan Invertebrata (hewan yang tidak memiliki tulang belakang) yang termasuk dalam filum echinodermata. Bintang laut merupakan hewan bersimetri radial yang umumnya memiliki lima atau lebih tangan. Sesuai dengan namanya invertebrata berarti hewan ini tidak memiliki rangka atau tulang belulang. So, mereka bergerak menggunakan sistem vakulasi air.
Jujur aku juga gak ngerti kenapa bintang laut dikatakan sebagai 'BINTANG'. karena selama ini kalo tiap malem liat bintang2 ke atas yang keliatan cuma cahaya terang doang di atas. . tu bintang ga punya lima tangan bahkan lebih seperti bintang laut pada umumnya.  Entah bintang dilangit yang ikut-ikutan bintang lau atau sebaliknya. hanya tuhan yang tahuu. .

Well, permasalahannya bukan pengertian bintang laut dan bla bla nya . aku ga ngerti karena aku bukan pengamat hewani. . yang aku bingung, kenapa bintang laut disamain sama bintang dilangit. .kalau mereka sama-sama punya hati, pasti si bintang laut bakalan iri ngeliat bintang dilangit yang selalu kompakan datengnya tiap malam, punya cahaya yang terang dan indah. .yang setiap hari pasti ada aja salah satu orang di dunia yang mengagumi keindahan mereka. sedangkan bintang laut, well ga semua orang di dunia ini mungkin pernah melihat bagaimana bentuk fisik bintang laut. ditambah lagi dia harus berjuang kerasnya hidup mencari makan di laut lepas, serta bertahan hidup walaupun diterjang ombak dan ketakutan sendiri apabila suatu saat nanti diambil orang iseng atau dimakan hewan lain. tidak seperti bintangh dilangit, yang tentu ditakdirkan hanya untuk bekerja malam beserta kawan-kawannya sambil memancarkan sinarnya yang terang, ,
Aku merasa jadi bintang laut itu sangat suram. . sesama saudara kembar tapi yang satu hidup enak dan yang satu hidup penuh perjuangan . .
Hingga suatu hari aku menulis sesuatu, di salah satu akun jejaring sosial sedikit cerita tentang angan-angan bintang laut atau dengan kata lain curhatan bintang laut di tengah malam kepada tuhannya. . kebetulan yang memberi pencerahan temanku sendiri inisial AS. . 

Bintang laut : Tuhan, kenapa kau bersikap tidak adil seperti ini. kau ciptakan saudara kembarku  indah dijauh sana . selalu dipuja orang-orang diciptakan lagu oleh para penyair-penyair. . dipanggil-panggil namanya, tapi kenapa aku tidak? bahkan diingat pun aku tidak. . hidupku selalu gelap. 
TUHAN : Karena tanpa cahaya pun, kamu sudah bisa mengarungi laut yang gelap ini. 
Bintang laut :  Tapi aku iri Tuhan. . kau sungguh tidak adil. .mereka bercahaya,  Andai saja ada sedikit cahaya di tubuhku seperti bintang di langit, pasti aku sama indahnya dengan dia. . 
TUHAN : kau tahu nak, Bintang laut harus tetap bersyukur,  karena  bintang laut bisa berkelana sesuka hati mencari petualangan. tidak seperti bintang dilangit yang setiap hari hanya diam diatas sana. 
Bintang laut : Okelah Tuhan, aku akan membeli lampu 100 waatt dan aku akan bawa kemana-mana  hingga aku memiliki keindahan seperti bintang di langit  :) #dengan ketegaran yang dipaksakan 
 TUHAN : Buat apa kau ingin terang dan terlihat. itu hanya akan memperpendek usiamu saja. .Bintang laut memang tak setenar bintang di Angkasa. tapi kamu tahu Bintang laut merupakan salah satu makhluk hidup yang lebih mulia dan dan tinggi tingkatannya daripada benda mati di langit. .
Bintang Laut : -------- tidak dapat berkata apa-apa. .Maafkan aku Tuhan, , aku sadar. . tidak ada makhluk ciptaan Kau yang sempurna. . Aku akan selalu menghargai apa yang telah engkau berikan. . Aku tahu ada kesempurnaan dibalik kekurangan dan ketidak sempurnaan yang kau berikan. kau sengaja membuat aku tidak terang agar aku lebih lama berpetualang dan tidak cepat dimangsa oleh makhluk-makhluk lainnya, kau buat aku bertubuh mungil agar aku ringan dan mudah bersembunyi dan berpindah tempat ke tempat lainnya terimakasih Tuhan :)

Cerita ini merupakan salah satu isi status dan komentar-komentarnya di FB. . dari sana kita dapat memetik bahwa kita harus mensyukuri apa itu hidup. . Tuhan sangatlah adil,  tidak hanya kepada manusia, tetapi juga pada makhluk lainnya . bahkan bintang laut itu diartikan sebagai cita atau harapan yang tinggi akan terciptanya bintang-bintang kelautan dimasa yang akan datang. bintang laut bisa menjadi penunjuk arah baru paradigma pemanfaatan pesisir dan laut dimasa yang akan datang. .
semoga cerita ini membuat anda lebih semangat. . seperti aku yang membacanya menjadi lebih semangat. . special thanks for my friend, Adi . . :)

No comments: